Translate

Wednesday, February 1, 2017

Sejarah Girl Band populer asal korea Selatan Girls’ Generation


 Girls’ Generation (소녀시대; So Nyeo Shi Dae) adalah girlband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007. Mereka juga dikenal dengan namaSNSD atau SoShi (소시), keduanya merupakan singkatan dari nama grup ini dalam bahasa Korea. Grup ini terdiri dari sembilan anggota: Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun.


Girls’ Generation sudah mulai menarik perhatian di awal karier mereka lewat lagu-lagu seperti “Into the New World” dan “Kissing You”, namun baru pada tahun 2009 mereka meraih popularitas yang signifikan lewat singel “Gee”, yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan. Grup ini semakin memantapkan posisi mereka di industri musik Korea dengan singel-singel berikutnya seperti “Tell Me Your Wish (Genie)”, “Oh!, “Run Devil Run”, dan “Hoot”. Pada tahun 2011, mereka kembali ke kancah musik Korea dengan lagu “The Boys” yang dirilis dalam tiga bahasa: Korea, Jepang, dan untuk pertama kalinya, Inggris. Dalam rentang waktu lima tahun, grup ini telah berhasil menjual total sebanyak 4,4 juta album dan 30 juta singel digital.
Popularitas yang sangat tinggi di Korea Selatan berhasil mengantarkan mereka meraih titel “The Nation’s Singers” dan “The Nation’s Girl Group”. Sisa Journal menamakan grup ini sebagai entertainer paling berpengaruh pada tahun 2011 dan 2012, menjadikan mereka sebagai grup wanita pertama dalam sejarah yang berhasil masuk daftar tersebut. Asia Today menempatkan mereka di peringkat ke-44 dalam daftar 50 Korean Power Leaders pada tahun 2011.Forbes juga menyatakan grup ini sebagai most powerful entertainers di Korea Selatan untuk tahun 2011.
Girls’ Generation memulai debutnya di kancah musik Jepang pada tahun 2010 di bawah naungan label Nayutawave Records dengan merilis versi bahasa Jepang dari lagu hits mereka “Tell Me Your Wish (Genie)” dan “Gee”. Album pertama mereka di Jepang, Girls’ Generation yang dirilis pada bulan Juni 2011 merupakan album oleh sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu Oricon.
Pada bulan April 2012, S.M. Entertainment membentuk Girls’ Generation-TTS, sub-unit pertama grup ini yang beranggotakan Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Album mini mereka, Twinkle, berhasil mencapai peringkat ke-126 di Billboard 200 yang merupakan posisi tertinggi yang pernah dicapai oleh album K-pop di chart tersebut sampai saat ini.
Pada Januari 2013, kelompok melakukan comeback di Korea dengan album studio keempat (enam keseluruhan) I Got a Boy, yang segera menjadi hits domestik dan global, menerima all-kill pada chart Korea dan debut di #1 di chart Billboard “World Albums”. Peluncuran album ini diikuti dengan serangkaian pertunjukan live. Kelompok ini juga akan memulai Second Japan Arena Tour mereka pada Februari 2013.

Nama
Di Korea, kelompok dikenal sebagai So Nyeo Shi Dae (bahasa Korea: 소녀시대). Mereka juga dikenal sebagai SoShi (소시) atau SNSD, keduanya merupakan bentuk singkatan dari nama Korea kelompok. Nama Girls’ Generation berarti bahwa “Generasi dominasi perempuan telah datang.” Kelompok dikenal sebagai Shojo Jidai (Jepang; 少女時代) di Jepang.

 
Karier
Pra-debut
Pembentukan Girls’ Generation diumumkan pada 16 Juli 2007 disertai pengumuman resmi profil masing-masing anggota. Pada awalnya, mereka diberi nama Super Girl, versi wanita dari Super Junior. Sebelum menjadi anggota Girls’ Generation, mereka sudah dilatih sebagai penari dan penyanyi profesional. Sebagian di antaranya sudah dilatih di bidang akting dan modeling, serta berpengalaman menjadi model iklan di televisi dan majalah.

Anggota yang pertama kali mengikuti sistem pelatihan S.M. Entertainment adalah Jessica pada tahun 2000, setelah dia dan adiknya, Krystal Jung (sekarang anggota girlbandf(x)), ditemukan oleh pencari bakat di sebuah mall saat sedang berlibur di Korea. Jessica disusul oleh Sooyoung dan Hyoyeon yang juga masuk ke S.M. Entertainment pada tahun 2000. Sebelumnya, Hyoyeon belajar menari di Winners Dance School, sebuah sekolah tari di Korea Selatan yang terkenal dengan spesialisasi di hip-hop. Sooyoung sudah terlebih dulu menjalani debut di Jepang pada tahun 2002 sebagai anggota dari duo bernama RouteO. Grup ini bubar hanya dalam waktu tahun setelah pendiriannya.Yuri adalah anggota berikutnya yang diterima di S.M. setelah menjadi juara kedua di kompetisi 2001 SM Youth Best Dancer. Yoona masuk pada tahun 2002 setelah audisi dengan menyanyi dan menarikan lagu-lagu dari penyanyi favoritnya, BoA dan Britney Spears.Setahun berikutnya, Seohyun mengikuti audisi dengan menyanyikan lagu anak-anak. Anggota terakhir yang dimasukkan ke grup adalah Sunny, yang masuk sistem pada tahun 1998 dan sudah menjalani pelatihan selama lima tahun sebelum pindah ke perusahaan lain, Starworld, di mana dia dilatih untuk menjadi bagian dari sebuah duo bernama “Sugar” yang pada akhirnya tidak jadi debut. Kemudian di bawah rekomendasi Ayumi dia pun kembali pindah ke S.M. Entertainment pada tahun 2007.Sunny juga merupakan keponakan dari pendiri S.M. Entertainment, Lee Soo Man.

2007–2008: Debut dan album pertama
Pada bulan Juli 2007, Girls’ Generation menjalani penampilan pertama tak resmi di Mnet School of Rock, di mana mereka membawakan singel pertama mereka yang berjudul “Into the New World” (Dasi Mannan Segye).Sebuah acara dokumenter yang menceritakan kisah debut grup ini bertajuk Girls’ Generation Goes to School juga direkam pada saat itu, menampilkan para anggota saat mereka pindah ke sebuah apartemen bersama-sama dan berlatih untuk penampilan mereka nantinya di atas panggung.

Singel pertama grup ini dirilis tak lama setelahnya, termasuk di dalamnya adalah versi instrumental dari “Into the New World” serta dua lagu lainnya: “Beginning” dan “Perfect for You.” Girls’ Generation memulai debutnya secara resmi pada 5 Agustus 2007 dengan tampil di SBS Inkigayo, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan di MBC Music Core dan KBS Music Bank. “Into the New World” meraih posisi no. 1 di M! Countdown.

Grup ini merilis album pertama mereka pada akhir musim gugur tahun 2007 dengan singel utama berjudul “Girls’ Generation” (소녀시대, Sonyeo Sidae), sebuah daur ulang dari lagu milik Lee Seung-chul.Promosi untuk singel ini dimulai pada awal November. Album ini juga memuat singel pertama mereka “Into the New World”, “Perfect For You” (dengan judul baru “Honey”), serta delapan lagu lainnya, dan berhasil terjual lebih dari 100.000 keping.

Pada awal 2008, Girls’ Generation mulai mempromosikan singel kedua dari album pertama mereka, “Kissing You”, yang mengantarkan grup ini memenangkan piala K-chart pertama mereka setelah berhasil menempati posisi pertama di Music Bank. Lagu ini juga meraih ranking pertama di Inkigayo dan M.Countdown!.

Pada bulan Maret 2008, album pertama mereka dikemas dan dirilis ulang dengan judul baru Baby Baby.Girls’ Generation merilis teaser untuk singel “Baby Baby” pada 15 Maret 2008.Singel ini dirilis di situs musik digital pada 17 Maret 2008. Mereka juga menampilkan “Baby Baby” di berbagai acara musik seperti Music Core, Inkigayo dan M! Countdown pada bulan Maret dan April.Promosi untuk album ini berakhir pada 13 April 2008 di Inkigayo.Jessica, Tiffany dan Seohyun ikut mengambil bagian dalam album mini yang dirilis oleh Roommate, sebuah one-man band dari Purple Communication. Album mini tersebut berjudul Roommate: Emotional Band Aid, dan dirilis pada 1 Desember 2008. Lagu yang mereka nyanyikan berjudul “Oppa Nappa” (Bad Brother) terlebih dahulu dirilis secara digital pada bulan April 2008. Lagu ini sempat dibawakan secara live di Inkigayo, Music Bank, dan M! Countdown.

Tak lama kemudian, tiga anggota tersebut juga merilis “Mabinogi” (It’s Fantastic!), sebuah lagu tema untuk game dari Nexon, Mabinogi. Acara realitas Mnet Factory Girl mengisahkan tentang para anggota yang bekerja sebagai intern di majalah modelElle Girl. Program ini mulai tayang pada awal Oktober. Pada akhir tahun 2008, grup ini juga berpartisipasi di konser SMTown Live ’08 bersama artis-artis SM Town lainnya. Tur konser ini menyambangi tiga negara yakni Korea Selatan, Thailand, dan Cina.

Pada 26 Desember 2008, poster-poster anggota Girls’ Generation mengenakan roller-skates terpampang di berbagai lokasi di Seoul. Tak lama kemudian S.M. Entertainment mengonfirmasi bahwa poster-poster tersebut memang merupakan poster teaser dan Girls’ Generation akan segera merilis album mini pertama mereka, Gee, pada bulan
Januari 2009.
2009: Gee, Tell Me Your Wish (Genie), tur Asia pertama, dan peningkatan popularitas
Sebuah video teaser dirilis pada Januari 2009 dan tak lama setelahnya, singel terbaru berjudul “Gee” pun dirilis. Lagu ini berhasil meraih posisi puncak di seluruh tangga lagu musik digital hanya dalam jangka waktu dua hari setelah dirilis.Girls’ Generation memulai aktivitas promosi pada Januari 2009 di MBC Show! Music Core di mana mereka menyanyikan “Gee” dan “Himnae (Way to Go)”. Seminggu setelah perilisan, “Gee” memperoleh posisi pertama di KBS Music Bank dan SBS Inkigayo. “Gee” menjadi sebuah hits fenomenal, memecahkan rekor di Music Bank untuk lagu yang paling lama berada di puncak yakni selama sembilan minggu berturut-turut, serta meraih triple crown di Inkigayo. S.M. Entertainment menyatakan bahwa lebih dari 100.000 kopi album ini telah didistribusikan, sementara perusahaan analisa penjualan Hanteo melaporkan album ini telah terjual lebih dari 30.000 kopi dalam sepuluh hari pertama setelah perilisan. Lagu ini juga menunjukkan dominasinya di tangga lagu lainnya, memuncaki tangga lagu Mujikon, Melon dan Mnet selama delapan minggu berturut-turut, Dosirak selama tujuh minggu, Muse selama enam minggu, dan Baksu selama empat minggu. “Gee” mendapatkan gelar song of the decade dari situs musik Korea, Melon.

Setelah rehat sejenak, S.M. Entertainment mengumukan bahwa Girls’ Generation akan kembali dengan sebuah album mini baru yang menampilkan konsep “Marine Girl”. Singel baru mereka diberi judul “Tell Me Your Wish (Genie)”, dan albumnya dirilis secara digital pada 22 Juni 2009. Perilisan album dalam bentuk fisik ditunda oleh S.M. Entertainment untuk menggarap ulang cover album, dan akhirnya dirilis empat hari kemudian pada 29 Juni 2009. Grup ini memulai kegiatan promosi pada 26 Juni 2009 dengan tampil di KBS Music Bank, yang kemudian disusul dengan penampilan di MBC Show! Music Core dan SBS Inkigayo.Kemenangan pertama mereka untuk singel “Genie” diperoleh pada 10 Juli 2009 di Music Bank, disusul kemenangan kedua di Inkigayo pada 12 Juli 2009.

Kesuksesan lagu ini terbukti dengan keberhasilannya memuncaki berbagai tangga lagu digital, termasuk di antaranya Melon, Dosirak, Mnet, dan Bugs. Penjualan album pada minggu pertama mencapai angka 50.000 kopi (hampir dua kali angka penjualan minggu pertama Gee), pencapaian yang tidak biasa untuk sebuah girl group Korea. Per tahun 2010, album ini sudah terjual lebih dari 200.000 kopi.Girls’ Generation mengakhiri promosi untuk “Genie” pada 15 Agustus 2009.

Pada bulan November 2009, S.M. Entertainment mengumumkan tur konser pertama Girls’ Generation yang bertajuk Into the New World.Tiket untuk konser ini mulai dijual pada 19 November dan berhasil terjual habis hanya dalam waktu tiga menit. Tur dimulai di Olympic Park Fencing Stadium pada 19 dan 20 Desember dan berlanjut ke kota-kota lainnya di Asia, termasuk Shanghai. Belakangan, diumumkan bahwa Girls’ Generation akan menggelar konser encore pada 27 dan 28 Februari 2010.
2010: Oh!,Run Devil Run, debut di Jepang dan Hoot

Pada bulan Januari, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa Girls’ Generation akan merilis album keduanya, Oh!pada tanggal 28 Januari. Singel utama dari album tersebut yang berjudul “Oh!” dirilis secara digital pada 25 Januari disusul dengan video klipnya yang dirilis dua hari setelahnya. Pada tanggal 30 Januari, kelompok dimulai promosi dengan rekaman MBC Show! Music Core.Siaran penampilan mengalami pemadaman dekat akhir, dimana MBC membuat kinerja keseluruhan secara online yang tersedia dalam menanggapi hal ini. Dengan “Oh!”, kelompok menempati tempat pertama untuk memenangkan lima kali berturut-turut K-Chart di KBS Music Bank, serta mencapai triple crown pada SBS Inkigayo. “Oh!” juga menang di Music Bank K-chart setengah tahun, datang pada kedua pada babak pertama grafik penjualan album Hanteo, dan juga memenangkan K-Chart akhir tahun. Video musik peringkat sebagai nomor satu terbanyak dilihat di YouTube video di Korea pada akhir 2010.Juga nomor satu di Hong Kong dan membuat sepuluh besar baik di Taiwan dan peringkat Jepang.

Dimulai pada tanggal 11 Maret 2010, foto-foto anggota yang dirilis secara online menampilkan konsep gelap, dijuluki “Black SoShi”. Sebuah video teaser dirilis pada 16 Maret, dengan singel baru Run Devil Run dirilis sebagai singel digital pada 17 Maret.

Pertengahan Juni, diumumkan bahwa kelompok itu menandatangani kontrak pada bulan Mei, dan akan mulai bekerja di bawah label rekaman Universal Music Japan, Nayutawave Records Japan untuk promosi mereka di Jepang, dengan singel pertama mereka di Jepang diperkirakan akan dirilis pada bulan September 2010. Girls’ Generation mulai promosi di Jepang pada bulan Agustus.Girls’ Generation’s Arrival ~ First Time in Japan Commemoration Disc ~, sebuah DVD yang menampilkan tujuh video musik kelompok serta rekaman bonus khusus, dirilis pada 11 Agustus, dengan edisi khusus dari DVD berisi glowstick merah muda serta tiket masuk untuk debut Girls’ Generation di Tokyo Ariake Colliseum pada 25 Agustus. Pada minggu pertama setelah rilis, DVD terjual 23.000 eksemplar, peringkat keempat di peringkat Oricon mingguan DVD dan ketiga pada peringkat DVD musik mingguan, dan membuat Girls’ Generation kelompok wanita pertama K-pop untuk membuat peringkat Oricon DVD Top-5.Di tengah kegiatan mereka di Jepang, kelompok juga berpartisipasi dalam SMTown Live ’10 World Tour bersama label-mate pada 21 Agustus di Seoul Jamsil Olympic Stadium.Mereka berpartisipasi dalam Shanghai berikutnya, Los Angeles, Paris dan Tokyo.

Pada tanggal 25 Agustus, kelompok mengadakan showcase pertama mereka di Tokyo Ariake Colliseum.Dengan 10.000 penggemar awal diundang, dilaporkan menjadi rencana paling besar-besaran untuk artis Korea memulai debutnya di Jepang. Namun, karena tingginya jumlah peserta yang diharapkan, manajemen kelompok mengumumkan bahwa menampilkan akan berlangsung tiga kali dalam hari yang sama bukan sekali untuk menampung sejumlah besar penggemar. Kelompok menyanyikan lima lagu Korea mereka di masing-masing penampilan, dan jumlah peserta lebih dari ketiga menunjukkan diperkirakan setidaknya 22.000. Pada showcase ini, video musik Jepang “Genie” juga diungkapkan publik untuk pertama kalinya dan teaser yang telah dirilis beberapa hari sebelumnya pada 20 Agustus.

Singel debut Jepang mereka, “Genie” debut di tempat kelima pada hari yang sama peluncurannya pada harian Oricon dan kemudian naik ke posisi kedua di Daily Oricon beberapa waktu kemudian, mendapatkan posisi keempat pada peringkat mingguan Oricon. Kelompok juga menempati nomor satu pada grafik video musik Jepang iTunes’ dan kedua di Rekochoku chart harian video klip dan chart film yang masuk peringkat harian sehari kemudian. Dengan pre-order sebesar 80.000, singel dijual sebanyak diperkirakan 45.000 eksemplar pada minggu pertama setelah rilis.Pada tanggal 20 Oktober 2010, kelompok merilis singel kedua mereka di Jepang, “Gee”.

Seminggu setelah merilis singel Jepang mereka, kelompok ini merilis album mini Korea ketiga mereka, Hoot pada 27 Oktober 2010, berisi lima track. Video untuk singel utama, “Hoot”, lagu aslinya ditulis dalam bahasa Inggris sebagai “Bulletproof”, dirilis pada 28 Oktober. Girls’ Generation memulai kegiatan promosi mereka dengan panggung comeback pada KBS Music Bank pada 29 Oktober. “Hoot” cepat naik ke puncak tangga lagu dan menerima tempat nomor satu di banyak acara musik, terbukti rilis lain yang sukses untuk grup. Kelompok bersamaan mempromosikan “Hoot” dan “Gee” di Korea dan Jepang masing-masing, dan berpartisipasi dalam siaran musik Jepang seperti FNS Music Festival, di mana mereka tampil dengan dua singel Jepang mereka, “Gee” dan “Genie” pada tanggal 4 Desember.

Pada 22 Desember 2010, “Hoot” dikemas ulang dengan lagu tambahan dari album sebelumnya dan dirilis di Jepang.Rilis naik ke posisi kedua pada tangga lagu Oricon dan terjual 21.000 eksemplar pada hari pertama, faring sangat baik mengingat bahwa semua track termasuk yang seluruhnya dalam bahasa Korea.Pada 9 Desember 2010, kelompok menghadiri Golden Disk Awards dan dianugerahi tiga penghargaan termasuk Disk Daesang (Album of the Year) untuk album studio kedua mereka Oh!.Kelompok ini juga menjadi kelompok gadis pertama yang memiliki Disk Daesang (2010) dan Digital Daesang (2009). Pada 15 Desember 2010, kelompok menghadiri Melon Music Awards memenangkan penghargaan Best Dressed Singer dan penghargaan Hot Trend Song untuk, “Hoot”, juga penghargaan Artist of the Year. Ini akan menjadi kedua berturut-turut penghargaan ‘Artist of the Year’ untuk kelompok. Mereka menempati teratas Hanteo tahunan chart Singer Award untuk 2010.

Nama kelompok ini terdaftar pada daftar Asia Today 50 Korean power leaders for 2011 di nomor 44, menjadi satu-satunya grup idola dari daftar. Girls’ Generation ditetapkan “Artist of the Year” oleh Dosirak, Soribada, Korea Gallup, Hanteo dan Sport Korea dan juga memenangkan Best Song of The Year dengan “Oh!” di Monkey 3.
2011: Girls’ Generation, ekspansi internasional, dan The Boys
Album mini “Hoot” disertifikasi Gold oleh Record Industry Association of Japan dengan penjualan yang telah melebihi 100.000 kopi. Pada awal tahun 2011, Girls’ Generation mempersiapkan sebuah lagu baru berjudul “Visual Dreams”, sebagai bagian dari promosi untuk prosesor Intel Core generasi kedua di Asia. Video klip untuk “Visual Dreams” dirilis tanggal 17 Januari yang disertai berbagai macam kampanye promosi termasuk musik baru, video klip 2D dan 3D, situs internet, foto-foto dan display di toko-toko komputer.Dalam paruh kedua Januari, diumumkan bahwa kelompok akan kembali ke pasar Jepang melalui pelepasan versi Jepang “Run Devil Run” sebagai singel digital, dirilis pada 25 Januari 2011.

Tanggal 20 Januari, di Seoul Music Awards ke-20 mereka menerima penghargaan Artist of the Year, Bonsang prize, Popularity Award dan Hallyu Award.Dengan ini Girls’ Generation menjadi satu-satunya artis di sejarah musik Korea selain Seo Taiji, Jo Sungmo dan H.O.T. yang berhasil memenangkan penghargaan Artist of the Year dua tahun berturut-turut di Seoul Music Awards.Mereka juga menjadi satu-satunya girl group dalam sejarah yang menerima penghargaan Artist of the Year di Seoul Music Awards, dan Melon Music Awards selama dua tahun berturut-turut.Girls’ Generation menerima gelar Korea’s No. 1 Power Celebrity dari Forbes Korea. Mereka tampil di konser ulang tahun ke-50 stasiun televisi MBC, Korean Music Wave in Bangkok di Thailand pada 12 Maret 2011 yang menandai penampilan pertama mereka di Thailand sejak Pattaya Music Festival bulan Maret 2009.

Tanggal 8 Maret, Universal Music Japan memberikan informasi di situs resmi mereka tentang perilisan singel ketiga dan tur konser Jepang pertama Girls’ Generation. Pada tanggal 27 April Girls’ Generation akan merilis album singel Jepang ketiga “Mr. Taxi/Run Devil Run” yang di dalamnya terdapat lagu original berbahasa Jepang mereka yang pertama “MR. TAXI”dan versi bahasa Jepang dari lagu Korea mereka “Run Devil Run”. Sebagian keuntungan dari penjualan singel tersebut akan disumbangkan ke Palang Merah Jepang untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami Sendai 2011. Saat itu diumumkan juga bahwa Girls’ Generation akan menggelar konser keliling Jepang bertajuk “The 1st Japan Arena Tour” yang akan dimulai di Osaka pada 31 Mei. Total sebanyak 14 konser di 6 kota akan berlangsung selama satu setengah bulan.

Di 2011 VMAJ, Girls’ Generation dinominasikan di tiga kategori yaitu “Best Group Video”, “Best Video Of The Year” dan “Best Karaokee! Song”.Girls’ Generation membawakan dua lagu di acara yang juga dihadiri oleh artis terkenal dunia seperti Lady Gaga tersebut. Pada tanggal 2 Juli, diumumkan bahwa mereka memenangkan dua dari tiga nominasi yaitu “Best Group Video” dan “Best Karaokee! Song” untuk “Genie”.
Tanggal 1 Juni 2011, mereka merilis album studio Jepang pertama yang bertajuk Girls’ Generation. Album ini memuat 12 lagu termasuk singel “Genie”, “Gee”, “Run Devil Run”, “Mr. Taxi/Run Devil Run” dan versi Jepang dari “Hoot”.Album Girls’ Generation disertifikasi Platinum oleh Recording Industry Association of Japan pada 14 Juni 2011 dan Double Platinum pada 8 Juli 2011.. Girls’ Generation adalah artis keempat yang mencapai posisi nomor 1 di chart album mingguan Oricon setelah BoA, TVXQ dan Big Bang, dan menjadi artis Korea ketiga yang melewati angka penjualan 500.000 kopi setelah BoA dan TVXQ. Seiring dengan popularitas mereka yang semakin bertambah, Girls’ Generation pun menjadi artis luar negeri berpenghasilan tertinggi di Jepang pada paruh pertama tahun 2011.Album Girls’ Generation telah terjual sebanyak lebih dari 629.436 keping, menjadikannya sebagai album oleh sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu Oricon.

Belakangan ini, Girls’ Generation sedang sibuk dengan tur Asia kedua mereka. Dua konser pertama telah diselenggarakan di Seoul pada 23 dan 24 Juli, diikuti dengan konser di Taipei, Taiwan tanggal 9, 10 dan 11 September, serta di Singapura pada 9 dan 10 Desember. Girls’ Generation dinamai “The Most Influential Entertainers in Korea” untuk tahun 2011 oleh SISA Press setelah pada tahun sebelumnya berada di posisi keenam.

Pada tanggal 26 September 2011 S.M. Entertainment mengumumkan bahwa Girls’ Generation akan kembali dengan album Korea ketiga mereka “The Boys. Foto teaser mereka memiliki konsep cerita dongeng dan foto pertama yang menampilkan Taeyeon dirilis pada hari itu juga, disusul oleh Sunny dan Hyoyeon pada 27 September, Jessica, Sooyoung dan Tiffany pada 28 September serta Yoona, Yuri, dan Seohyun pada 29 September. Video teaser pertama untuk “The Boys” dirilis pada 1 Oktober 2011 melalui kanal YouTube milik S.M. Entertainment.

Pengaturan pemandangan mereka di pasar internasional, Girls’ Generation menandatangani kontrak dengan Universal Music Group pada tahun 2011 untuk merilis Amerika Serikat material di bawah Interscope Records. Girls’ Generation pada awalnya dijadwalkan untuk merilis album ketiga The Boys lewat iTunes dan berbagai situs musik di Asia termasuk Korea pada 5 Oktober 2011. Namun pada 30 September diumumkan bahwa peluncuran album tersebut telah ditunda karena adanya diskusi tentang perilisan album ini di seluruh dunia, yang detailnya akan segera diungkap segera setelah tercapai kesepakatan. Pada 10 Oktober dikonfirmasi bahwa album tersebut akan dirilis pada 19 Oktober 2011 dan Girls’ Generation akan membawakan lagu “The Boys” untuk pertama kalinya di acara KBS Music Bank pada 21 Oktober.

Singel utama album ketiga mereka, “The Boys” dirilis dalam dua bahasa yaitu Korea dan Inggris.Lagu tersebut diciptakan dan diaransemen oleh Teddy Riley yang pernah menjadi produser Michael Jackson. Hanya dalam waktu beberapa menit setelah “The Boys” dirilis, album tersebut langsung menerima “all-kill” di berbagai tangga lagu situs musik online maupun offline di Korea. Meskipun tidak mencatat pada Hot 100, lagu berhasil puncak di dalam Top 30 pada grafik di iTunes Amerika Serikat, menjual lebih dari 21.000 eksemplar dan menjadi salah satu penjualan terbaik K-Pop lagu, pada waktu itu, di Amerika Serikat. Album berjudul sama terjual 227.994 eksemplar dalam waktu dua belas hari di Korea Selatan, menjadi album terlaris pada bulan Oktober dan ketiga terbaik penjualan album tahun 2011. Pada akhir Desember, “The Boys” telah menjual 150.000 eksemplar lanjut, membawa total 385.348 eksemplar, menjadi album terlaris di Korea Selatan pada tahun 2011.Pada tanggal 21 Oktober, Girls’ Generation memulai promosi mereka untuk album ketiga dengan membawakan lagu “The Boys” dan “Mr. Taxi” di KBS Music Bank. Pada 23 Oktober 2011, itu dikonfirmasi oleh anggota pada tanggal New York City dari SMTown World Tour II, bahwa “The Boys” maxi-single akan dirilis secara internasional pada 19 November 2011, meskipun tanggal itu kemudian dipindahkan ke Desember 8, 2011. Dengan hanya dua bulan dari penjualan, The Boys berhasil menjadi yang terbaik 10 penjualan track digital di negara asalnya dari 2011, telah menjual 3.032.658 eksemplar sejak rilis Oktober. Pada April 2012, album itu terjual lebih dari 410.000 kopi di Korea Selatan, menetapkan rekor Gaon Chart untuk album terbaik, penjualan non-dikemas ulang dalam sejarah grafik.

Pada tanggal 11 November dikabarkan bahwa Girls’ Generation akan merilis buku foto resmi pertama mereka di Jepang yang berjudul “Holiday”. Selain itu dokumentasi tur konser Jepang pertama mereka akan tersedia baik dalam bentuk blu-ray maupun DVD dan akan dirilis pada 14 Desember. “Holiday” menembus posisi no. 1 dalam kategori fotografi di chart penjualan buku di Jepang.Buku tersebut memuat koleksi foto mereka saat menikmati liburan, dan berhasil terjual lebih dari 17.000 eksemplar hanya dalam waktu satu minggu.Pada tanggal 29 November Girls’ Generation tampil dalam acara M’Net Asian Music Award 2011 dengan menampilkan lagu The Boys dalam versi remix. Dalam acara itu pula Girls’ Generation mendapatkan dua penghargaan sebagai Best Female Group dan Artist Of The Year. Girls’ Generation ikut berpartisipasi dalam album kompilasi “2011 Winter SMTown: The Warmest Gift” dengan lagu berjudul “Diamond”. Album tersebut dirilis pada 13 Desember 2011.

Pada tanggal 7 Desember 2011, diumumkan bahwa Girls ‘Generation akan merilis repackaged dari debut album Jepang “Girls’ Generation”, yang berisi versi Jepang dari “The Boys”, dan versi remix dari “The Great Escape”, “Bad Girl”, dan “Mr. Taxi”. Ini juga berisi lagu baru, “Time Machine”.Album ini dirilis pada tanggal 28 Desember 2011, danbersama dengan album awal, “Girls’ Generation” melewati penjualan lebih dari 800.000, dengan pengiriman 1 juta.Album menempati nomor lima di chart Oricon Weekly CD Albums untuk minggu kedua Januari 2012 (Jan 9 – 15)dan Oricon mengumumkan bahwa itu adalah pertama kalinya dalam sejarah bahwa album oleh artis Korea telah ditempatkan di Top 10 selama tujuh belas minggu. Pemegang rekor sebelumnya adalah soundtrack asli untuk drama Korea “Winter Sonata”, yang tetap di Top 10 selama enam belas minggu. Karena rilis Jepang mereka, kelompok peringkat kelima di antara artis Jepang dalam hal keuntungan moneter, kelompok ini telah menghasilkan lebih dari 4,5 miliar Yen (US $ 57 juta) untuk 2011.
2012: Promosi internasional, aktivitas solo, sub-grup, dan Girls & Peace

Pada tanggal 12 Januari 2012, kelompok menghadiri Golden Disk Awards, yang digelar di Osaka, membawa pulang dua penghargaan; “Digital Bonsang” dan sangat didambakan “Digital Daesang”. Seminggu kemudian, pada tanggal 19 Januari 2012, mereka menghadiri Seoul Music Awards, dan membawa kembali dua penghargaan, penmghargaan “Bonsang” dan “Popularity”. Kelompok ini juga memenangkan dua penghargaan dari Gaon Chart Awards, memenangkan Album Of The Year untuk kuartal keempat dan Oricon penghargaan “Hallyu Singer”. Pada tanggal 24 Februari 2012, teaser untuk singel digital Jepang, “Time Machine” dirilis.Lagu ini termasuk dalam versi repackaged Jepang album Jepang pertama mereka. Video musik penuh dirilis pada tanggal 13 Maret 2012, dengan empat belas lagu memuncak pada Billboard Japan’s Hot 100.

Mereka tampil di Late Show with David Letterman dan Live! with Kelly pada tanggal 31 Januari, 2012 dan 1 Februari 2012, di mana mereka melakukan remix dari versi bahasa Inggris dari “The Boys”, menandai pertama kalinya bahwa sebuah tindakan musik Korea telah dilakukan. Mereka juga tampil pada acara Perancis, Le Grand Journal, pada tanggal 9 Februari 2012, setelah ia mengumumkan bahwa mereka akan merilis “The Boys” pada tanggal 13 Februari 2012, melalui Universal Music GroupPolydor Records di Perancis. Pada bulan yang sama, Forbes Korea melaporkan daftar tahun ini dari “Top 40 Power Celebrities”. Girls’ Generation mendapat peringkat nomor satu dalam daftar, sehingga membuat mereka menjadi kelompok gadis dan selebriti perempuan Korea Selatan terkuat. Sebulan kemudian, pada tanggal 23 Maret 2012, mereka membuat penampilan debut mereka di Malaysia di Petronas Towers, sebagai bagian dari Twin Towers @Live 2012. Angka untuk kelompok pendapatan total untuk 2011 yang dirilis pada bulan Maret, 2012. Kelompok ini ditempatkan pertama di antara label mereka, penghasilan lebih dari 100 miliar won, atau, sekitar, $88.560.000 USD.

April 2012 melihat pembentukan Girls’ Generation-TTS, atau lebih mudah “TaeTiSeo”, subunit yang terdiri dari anggota Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Sub kelompok merilis album mini pertama mereka, Twinkle, pada 2 Mei.Kelompok ini terus promosi sepanjang bulan, tampil di berbagai acara dan di Hallyu Dream Wave Concert. “Twinkle” debut di nomor 126 pada Billboard 200, menjual lebih dari 3.000 eksemplar dan menjadikannya tertinggi charting album K-Pop pada grafik pada saat itu.Pada bulan Juli, 2012, album itu terjual 140.000 eksemplar di negara asalnya, dan 24.000 eksemplar lebih lanjut di luar negeri. Di bulan yang sama, kelompok dengan pengecualian Yuri dan Yoona, menghadiri showcase untuk film biografi SM Entertainment, I AM., yang diselenggarakan di bioskop CJ CGV di Yeongdeungpo-gu, Seoul, pada tanggal 30 April. Seminggu sebelumnya, “Dear My Family”, lagu tema untuk film, yang menampilkan pemimpin kelompok, Taeyeon, dirilis, yang menampilkan baik konser dan belakang panggung cuplikan.

Pada tanggal 20 Mei 2012, kelompok tampil dengan label-mate mereka di Honda Center di Anaheim, sebagai bagian dari tanggal pertama dari SMTown Live World Tour III.Anggota Yoona dan Yuri tidak hadir karena komitmen mereka dengan syuting drama televisi mereka Love Rain dan Fashion King.Setelah berakhirnya dari drama mereka, Yuri dan Yoona kembali ke kelompok sebagai tur pindah ke Taiwan, di mana mereka tampil untuk kerumunan 30.000 orang.Tur kemudian dilanjutkan ke Tokyo, Korea Selatan, Singapura, Thailand dan Indonesia.

Sebuah video teaser untuk singel Jepang, “Paparazzi” dirilis pada tanggal 29 Mei 2012.Teaser ini diikuti oleh rilis dari video musik penuh, lalu versi tari, pada 14 Juni 2012.Lagu, dirilis pada tanggal 27 Juni 2012, akan berfungsi sebagai lead singel dari album Jepang kedua mendatang mereka. Paparazzi terbukti menjadi rilis lain sukses untuk grup, memulai debutnya di atas Japanese Hot 100, menjual lebih dari 92.000 kopi dalam minggu pertama, menjadi pembuka kedua mereka minggu terbaik pertama, setelah debut 102.000 dari Mr. Taxi, setahun sebelumnya. Perilisan “Paparazzii”, dikuatkan kelompok total penjualan singel di negara itu untuk lebih 647.000, menurut SoundScan Japan. Di bulan yang sama, kelompok memenangkan “Best Album of the Year” untuk album debut Jepang mereka di VMAJ 2012.Ini diumumkan pada tanggal 3 Juli 2012, bahwa kelompok untuk melepaskan perangko resmi pada bulan berikutnya, memperingati HUT ke-5 mereka.Sebanyak 14 perangko yang diproduksi, yang termasuk sampul album yang sudah ditandatangani.Ini menandai pertama kalinya seorang selebriti telah membuat kontrak dengan Korea Post untuk menghasilkan perangko.Dalam satu jam dari penerbitan perangko, lebih dari setengah dari lembaran prangko yang tersedia sudah terjual habis.

Pada tanggal 10 Agustus 2012, terungkap bahwa kelompok untuk merilis videografi Blu-ray/DVD berjudul “Girls’ Generation Complete Video Collection”.Dua minggu kemudian pada tanggal 29 Agustus, fansite resmi Jepang kelompok mengumumkan kelompok akan tur Jepang untuk kedua kalinya, pada tahun 2013. “Oh! / All My Love Is For You”, double kedua kelompok singel A-side, dan singel kedua dari album studio kedua mereka di Jepang dirilis pada tanggal 26 September 2012, dan menampilkan remake Jepang 2010 singel mereka, “Oh!”. Video musik “All My Love Is For You” dirilis pada 4 September 2012 dan video musik untuk “Oh!” dirilis pada 14 September 2012. Oh!, meraih tempat pertama pada chart Oricon Weekly Single, menjual 66.000 kopi dalam minggu pertama. Tambahan, Complete Video Collection mereka mnempatio tempat pertama di chart Oricon Weekly DVD and Blu-ray, menjual 59.000 cakram kolektif. Mereka adalah seniman kedua untuk mencapai nomor satu pada ketiga grafik di minggu yang sama. Satu-satunya kelompok lain untuk mencapai hal ini adalah prestasi yang sama dari band rock pop Jepang, Mr. Children. ALbum kedua Jepang mereka, Girls’ Generation II ~Girls & Peace~, dijadwalkan rilis pada 28 November 2012.Album ini akan didahului oleh singel “Flower Power”, yang direncanakan akan dirilis pada 21 November 2012.

Kelompok ini akan berpartisipasi dalam soundtrack untuk labelmate, debut film BoA, COBU 3D. Lagu, dinyanyikan dalam bahasa Inggris, berjudul “Cheap Creeper” akan dirilis sebelum rilis film. Jessica juga berpartisipasi dalam lagu lain untuk soundtrack dengan adiknya Krystal Jung dan anggota EXO, Kris, di lagu, “Say Yes” Pada tanggal 16 Oktober 2012, ia mengumumkan Hyoyeon dan Jessica akan berpartisipasi dalam kampanye promosi musik untuk perusahaan mobil Hyundai, dan pelanggan “Premium Younique Lifestyle”.Lagu Jessica, “My Lifestyle” fitur dengan rapper Korea Dok2, dirilis pada 18 Oktober 2012.Track Hyoyeon, berjudul “Maxstep”, sebuah lagu electropop dubstep berorientasi menampilkan Super JuniorEunhyuk, SHINeeTaemin, Super Junior-MHenry, EXO-KKai, dan EXO-MLuhan dirilis pada 31 Oktober 2012.

Girls’ Generation awalnya ditargetkan untuk comeback Korea pada akhir Oktober atau awal November.Namun, mereka telah memutuskan untuk tidak comeback tahun ini.Rencana itu akhirnya dibatalkan untuk grup untuk fokus pada promosi Jepang untuk sisa 2012.Kelompok ini akan merilis 2011 Girls’ Generation Tour DVD pada tanggal 30 November 2012 yang menampilkan cuplikan dari tur konser 2011. Sebuah photobook dan poster pers terbatas edisi pertama juga disertakan dengan DVD.Karena rilis Jepang mereka, kelompok mendapat peringkat tujuh di antara seniman Jepang dalam hal keuntungan moneter, kelompok ini telah menghasilkan lebih dari 4,3 miliar Yen (US$51 juta) untuk 2012. Pada tanggal 16 November 2012, diumumkan bahwa kelompok itu bermaksud untuk membuat comeback Korea pada tahun 2013.Bulan berikutnya, pada tanggal 11 Desember 2012, seorang wakil untuk SM Entertainment menyatakan bahwa kelompok berada di tahap akhir persiapan album keempat mereka, bagaimanapun, tanggal rilis masih diputuskan. Pada 20 Desember 2012, SM Entertainment memposting gambar teaser yang mengandung kata-kata “2012. 12. 21 10 A.M.” dengan nama kelompok dikelilingi oleh bunga nasional Korea pada Twitter resmi mereka. Kelompok ini merilis lagu pre-rilis “Dancing Queen”, versi remake dari “Mercy” milik Duffy, pada 21 Desember 2012.
2013: I Got a Boy, tur dunia, dan Love & Peace
Pada 1 Januari 2013, Girls’ Generation merilis album studio Korea keempat mereka, I Got a Boy. Album terjual lebih dari 265.000 eksemplar pada Januari, debut di nomor pertama pada Gaon Album Chart Januari. Juga masuk dalam berbagai chart album Billboard, termasuk nomor satu di chart World Album. Kelompok memulai penampilan promosi di MnetM! Countdown dan dilanjutkan pada awal Februari.Kelompok juga tampil dalam comeback spesial MBC; Girls’ Generation’s Romantic Fantasy pada 1 Januari 2013.Kelompok juga tampil dalam KBS Hope Concert. Girls’ Generation menggelar siaran live satu jam “Virtual Concert” lewat Naver Music pada 5 Januari 2013 dimana mereka menampilkan “I Got a Boy”, “Talk Talk” dan “Dancing Queen”.
Girls’ Generation memulai Girls & Peace: 2nd Japan Tour di Kobe pada 9 Februari 2013 dan melanjutkan sampai 20 acara di tujuh kota. Tur dihadiri lebih dari 200.000 orang.Kelompok merilis album remix Jepang pertama mereka, Best Selection Non Stop Mix pada 20 Maret 2013.Album menempati nomor 6 di chart album mingguan Oricon.
Pada 11 April 2013, kelompok merilis album live 2011 Girls’ Generation Tour. Album berisi konser Girls’ Generation di Seoul di Olympic Gymnastics Arena pada 23 dan 24 Juli untuk 2011 Girls’ Generation Tour mereka. Pada 26 April 2013, Girls’ Generation mengumumkan tur dunia pertama mereka, Girls’ Generation World Tour Girls & Peace dengan tanggal pertama di Seoul pada 8 dan 9 Juni 2013. Kelompok merilis singel Jepang ketujuh, “Love & Girls” pada 19 Juni 2013.Direkam oleh Oricon Daily Chart, “Love & Girls” naik dari nomor 6 ke nomor 4 satu hari setelah debut di chart tersebut. Singel terjual sebanyak 42.796 eksemplar fisik pada minggu pertama dan menempati nomor 4 di Oricon Weekly Chart.
Girls’ Generation merilis singel Jepang kedelapan, “Galaxy Supernova” pada 18 September 2013 bersamaan dengan Girls’ Generation -Girls & Peace- Japan 2nd Tour DVD and Blu-ray. Direkam oleh Oricon, singel menempati nomor 1 pada hari perilisannya pada Oricon Daily Singlesedangkan Girls’ Generation’s Girls & Peace: 2nd Japan Tour menempati nomor 1 pada Oricon Daily DVD Chart 18 Desember.Setelah satu minggu perilisan Galaxy Supernova berhasil terjual 50.793 eksemplar fisik sedangkan DVD dan Blu-ray terjual sebanyak 53.256 eksemplar.
Girls’ Generation tampil perdana di YouTube Music Awards karena memenangkan nominasi Best Music Video dan mengalahkan artis-artis terkenal seperti Miley Cyrus, Psy, Lady Gaga dan Justin Bieber. Kelompok merilis singel Jepang kesembilan, “My Oh My” pada 5 November 2013.Kelompok merilis album studio ketujuh, “Love & Peace” pada 11 Desember 2013 setelah merilis “Love & Girls”, “Galaxy Supernova” dan “My Oh My” pada 2013. Album berhasil debut di nomor pertama pada chart album harian Oricon setelah menjual lebih dari 37.386 eksemplar.Setelah minggu pertama, dengan penjualan mencapai 129.000, album ini debut di nomor pertama pada chart mingguan Oricon. Album debut Jepang kelompok yang berjudul Girls’ Generation, rilis pada Juni 2011, juga menempati nomor satu pada chart album mingguan, membuat Girls’ Generation kelompok perempuan Korea pertama yang menempati nomor satu dengan dua album, melebihi Kara.S.M. Entertainment mengumumkan bahwa Girls’ Generation akan tampil untuk “SM Town Week” pertama pada 22 Desember 2013. Konser solo Girls’ Generation 22 Desember, disebut, “SMTOWN WEEK GIRLS’ GENERATION – Marchen Fantasy”. Konser akan memiliki tema visual seperti peri, dengan banyak penampilan berbeda dan video penampilan dengan efek.
2014: Mr.Mr.
Pada 10 Februari 2014, S.M. Entertainment merilis judul album, tanggal perilisan juga diungkapkan dalam teaser video di saluran YouTube mereka untuk Mr.Mr. dan menjelaskan bahwa lagu akan dirilis pada 19 Februari di berbagai situs portal musik online, sedangkan album akan dirilis pada 24 Februari.
Ketika laporan eksklusif oleh OSEN mengungkapkan bahwa selama proses editing untuk video musik Girls’ Generation pada 13 Februari, kehilangan data terjadi mengakibatkan penghapusan sebagian dari rekaman. Girls’ Generation awalnya direncanakan untuk merilis judul lagu dan video musik mereka pada 19 Februari dan memulai tahap comeback mereka di MnetM! Countdown pada 20 Februari menjelang rilis album mereka pada 24 Februari. Namun, jika syuting ulang diperlukan untuk mengakomodasi untuk kehilangan data, orang dalam mengatakan bahwa ada kemungkinan bahwa comeback Girls’ Generation atau tanggal rilis MV dapat ditunda hingga dua minggu untuk memungkinkan syuting dan re-editing. Orang dalam mengatakan ini benar-benar akan membawa ke persaingan antara kelompok dan 2NE1, untuk MV 2NE1 tidak dijadwalkan untuk rilis sampai tanggal 28 dan lagu tersebut akan ditampilkan selama bulan Maret saat mereka memulai tur dunia ‘AON’ mereka. Perwakilan SM Entertainment menyatakan kepada OSEN serta Newsen, “Kami sedang bekerja untuk memulihkan data.Kami sedang dalam pembicaraan mengenai jadwal comeback mereka.

No comments:

Post a Comment