Translate

Sunday, February 5, 2017

Sejarah Bon Jovi dan Perjalanan Karir Bon Jovi 

 Bon Jovi adalah band rock Amerika dari Sayreville, New Jersey. Dibentuk pada tahun 1983, Bon Jovi terdiri dari vokalis dengan nama sama yaitu Jon Bon Jovi (lahir dengan nama John Francis Bongiovi, Jr), pianis dan pemain keyboard David Bryan, dan drummer Tico Torres.

Hasil gambar untuk sejarah band bon jovi 1978-1983


Lineup band ini tidak banyak berubah sepanjang sejarah, dengan satu-satunya pengecualian pada 1994 ketika terjadi pemecatan pemain bass Alec John Such, yang secara tidak resmi digantikan oleh Hugh McDonald, dan kepergian gitaris lama serta co-penulis lagu Richie Sambora pada tahun 2013.

Pada tahun 1986, Bon Jovi mencapai pengakuan global atas album ketiga mereka, Slippery When Wet, album keempat band ini, juga sukses di tahun 1988. Setelah tur dan rekaman non-stop selama 1980-an, band ini mengalami masa vakum setelah New Jersey Tour pada tahun 1990, dimana Jon Bon Jovi dan Richie Sambora merilis album solo masing-masing yang sukses. Pada tahun 1992, band ini kembali dengan album Keep The Faith. Single mereka tahun 2000 "It's My Life", berhasil menjaring khalayak yang lebih muda. Bon Jovi telah dikenal menggunakan gaya yang berbeda dalam musik mereka sepanjang amsa, dimana mereka menggunakan gaya musik country untuk album mereka Lost Highway pada tahun 2007. Pada tanggal 12 Maret 2013, Bon Jovi merilis album studio ke-12 mereka, What About Now.

Sejauh ini, Bon Jovi telah merilis 12 album studio, ditambah dua kompilasi dan dua album live. Mereka adalah salah satu band terlaris di dunia sepanjang masa, telah menjual lebih dari 100 juta album di seluruh dunia dan melakukan lebih dari 2.700 konser di lebih dari 50 negara di depan lebih dari 34 juta fans. Bon Jovi masuk ke Music Hall of Fame Inggris pada tahun 2006. Band ini juga diberikan Penghargaan Merit di American Music Awards pada tahun 2004, dan sebagai penulis lagu dan kolaborator, Jon Bon Jovi dan Richie Sambora masuk menjadi penulis Hall of Fame pada tahun 2009. 

Anggota Band
 
Formasi sekarang
Jon Bon Jovi - vokalis, gitaris
Phil Xenidis - gitaris, backing vocal
Tico Torres - drummer, pemain perkusi
David Bryan - keyboardis, backing vocal
Mantan anggota
Alec John Such - bassis
Richie Sambora - gitaris, backing vocal
 
Anggota tambahan
 
Roy Bittan – Keyboards
Chuck Burgi - Additional drums
David Grahmme - Backing vocals
Doug Katsaros - Additional keyboards
Frankie LaRocka – Drums
Hugh McDonald – Bass guitar
Aldo Nova - Additional guitar and keyboards
Tim Pierce – Guitar
Mick Seeley - Backing vocals
 
Sejarah
Formasi Awal (1978–1983)
 
Hasil gambar untuk sejarah band bon jovi 1978-1983
masa masa dulu Bon Jovi

 
Jon Bon Jovi mulai bermain piano dan gitar pada tahun 1975 di usia tiga belas tahun dengan band pertamanya 'raze'. Pada usia enam belas Bon Jovi bertemu David Bryan dan membentuk band Atlantic City Expressway. Mereka bermain di klub New Jersey walaupun masih anak di bawah umur. Masih di masa remaja, Bon Jovi bermain di band John Bongiovi dan Wild Ones, bermain di klub lokal seperti "The Fast Lane" dimana mereka cukup dikenal di daerah tersebut. Pada tahun 1980, ia membentuk band lain, "The Rest", dan menjadi band pembuka bagi Southside Johnny dan Jukes Asbury.
 
 
Pada pertengahan tahun 1982, keluar dari sekolah dan bekerja paruh waktu di toko sepatu wanita, Jon Bon Jovi bekerja di Power Station Studios, sebuah fasilitas rekaman di Manhattan di mana sepupunya Tony Bongiovi adalah co-owner. Bon Jovi membuat beberapa demo - termasuk satu yang diproduksi oleh Billy Squier - dan mengirimnya ke perusahaan rekaman tapi gagal. Rekaman profesional pertama nya sebagai lead vokal dalam "R2-D2 We Wish You Merry Christmast," yang merupakan bagian dari album Christmast in the Stars, dimana sepupunya menjadi co-producer.
Bon Jovi mengunjungi stasiun radio lokal WAPP 103.5FM "Apple" di Lake Success, New York. Dia berbicara langsung kepada Direktur promosi John Lassman, yang menerima lagu "Runaway" untuk dimasukkan di album kompilasi stasiun bakat homegrown lokal. Musisi yang membantu merekam "Runaway" - dikenal sebagai The All Stars Review - adalah gitaris Tim Pierce, keyboardist Roy Bittan, drummer Frankie LaRocka, dan bassist Hugh McDonald.
Lagu ini mulai diputar di daerah New York. Maret 1983, Bon Jovi menghubungi David Bryan, yang kemudian mengajak bassist Alec John Such dan drummer bernama Tico Torres. Yang diajak untuk bermain gitar adalah tetangga Bon Jovi, Dave Sabo (alias The Snake) yang kemudian membentuk kelompok Skid Row. Sabo sendiri sebenarnya belum sempat bergabung dengan Bon Jovi. Sabo akhirnya digantikan oleh Richie Sambora (b. Richard Stephen Sambora, 11 Juli 1959, Perth Amboy, New Jersey, USA). Sebelum bergabung ke band, Sambora telah melakukan tur dengan Joe Cocker, bermain untuk sebuah band yang disebut Mercy dan telah dipanggil untuk audisi oleh Kiss. Dia juga bermain di album lessons bersama band Message, yang dirilis ulang CDnya melalui Long Island Records pada tahun 1995.
Tico Torres juga seorang musisi berpengalaman, memiliki pengalaman bermain live di Phantom's Opera, The Marvelettes, dan Chuck Berry. Ia muncul di 26 rekaman dan bermain bersama dengan Franke dan KO, sebuah band Jersey dengan hit single selama awal 1980-an.
David Bryan telah keluar dari band "Atlantic City Expressway" yang didirikan olehnya bersama Jon Bon Jovi dalam rangka untuk belajar kedokteran. Sementara di perguruan tinggi, dia menyadari bahwa dia ingin mengejar musik penuh-waktu dan melanjutkan ke sekolah musik Juilliard School, New York. Ketika Bon Jovi akan mendapatkan kontrak rekaman, Jon Bon Jovi menelepon David Bryan untuk mengajaknya kembali bergabung. Bryan memutuskan bergabung dengan Bon Jovi dan meninggalkan studinya.
 

No comments:

Post a Comment